Demisioner KIP Aceh: Pasal Pilkada dalam UUPA “Terancam”

Dikatakan Zainal,  hari ini UU no. 32 tahun 2014 sudah banyak melakukan perubahan sementara UUPA tidak berubah-rubah.

(c) Ajnn.net
(c) Ajnn.net

Atjehcyber.com – Beberapa pasal yang mengatur tentang Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) dalam Undang Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) terancam tidak bisa digunakan lagi sebagai acuan hukum pada pelaksanaan Pilkada kedepan.

Hal tersebut dikatakan Zainal Abidin, Demisioner Komisi Pemilihan Aceh (KIP) pada saat Focus Grop Diskusi ( FGD), Selasa (28/10), di media center KIP Aceh, Banda Aceh.

Zainal berpendapat banyak poin dalam Undang Undang Pemerintah Aceh yang mengatur Pilkada terancam tidak bisa digunakan lagi, karena peraturan tersebut copy paste dari UUD Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang sudah beberapa kali dilakukan perubahan.

“Artinya Pilkada yang di atur oleh UUPA tidak terlepas dari UUD 32 tahun 2004 yang mengatur tentang Pilkada yang sudah beberapa kali dirubah,”  ungkap Zainal Abidin.

Dikatakan Zainal,  hari ini UU no. 32 tahun 2014 sudah banyak melakukan perubahan sementara UUPA tidak berubah-rubah.

Ia mencontohkan, salah satu poin dalam UUPA yang berbunyi, sengketa Pilkada akan di selesaikan oleh Mahkamah Agung, akan tetapi, hari ini, kewenangan untuk mensengketakan Pilkada itu berada pada Mahkamah Konstitusi.

“Konkritnya sengketa Pilkada akan diselesaikan oleh Mahkamah Agung, tapi hari ini kewenangan tersebut berada di tangan Mahkamah Konstitusi,” ujar Zainal.

Kemudian  dia juga kembali mencontohkan syarat untuk mencalonkan diri menjadi Kepada Daerah. “Seseorang yang pernah dihukum dengan acaman 5 tahun penjara, tidak boleh menjadi kandidat dalam pilkada, akan tetapi pasal tersebut sudah di GR oleh Mahkamah Konstitusi, sementara bagi Aceh pasal tersebut masih berlaku, artinya mengikat,”

“ Maka jika pasal tersebut masih di gunakan, mantan narapidana tidak bisa mencalonkan diri menjadi kepala daerah, maka itu semua harus segera disesuaikan,” tutupnya.

  • Sumber: Ajnn.net

You May Also Like

About the Author: KajiRo