by

Belgia Bantu Serang ISIS dengan 6 Jet Tempur F16

Selain Belgia, Denmark pun turut menyumbang jet tempurnya.

jet-tempur-f16-milik-israel

Atjehcyber.com – Belgia mengumumkan turut bergabung dengan negara Amerika Serikat (AS) untuk menyerang kelompok radikal ISIS. Belgia pun telah menyiapkan 6 pesawat jet tempur seri F16 untuk menyerang beberapa titik kekuasaan ISIS.

Belgia akan mengirim 120 pilot dan staf pendukung jet tempur tersebut. Tak hanya jet tempur, Belgia juga menambah pesawat kargo C-130 untuk membawa material dan pasukan ke Irak.

Turunnya sejumlah jet tempur itu sebagai bantuan kepada pemerintah AS terbilang tak mudah. Pemerintah harus menjalani perdebatan alot di parlemen dan diputuskan melalui voting.

Dilansir Daily Star, tak hanya Belgia, sebelumnya, Denmark dan Inggris pun menyatakan turut bergabung dengan AS untuk menyerang ISIS. Tindakan dan perlakuan ISIS sampai saat ini dinilai sudah menyalahi hak asasi kemanusiaan dengan membunuh secara sadis beberapa orang tak bersalah.

Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan, bantuan jet tempur dari Belgia adalah sebuah kabar gembira. Terlebih dengan dibantu Inggris dengan armada pesawat yang diturunkan akan sangat membantu AS mengurangi tindakan radikal ISIS.(viva)

Comment

News Feed