by

Hilangnya Pesawat Air Asia Asuransi Allianz Bakal Kena Klaim Minimal 100 Juta Dollar AS

allianz-asuransi_20141230_140715

Atjehcyber.com – Perusahaan asuransi  Allianz SE bisa terkena klaim minimal US $ 100 juta terkait dengan hilangnya pesawat  AirAsia QZ 8501  di lepas pantai Indonesia dengan 162 orang di dalamnya, yang akan menjadi kecelakaan penerbangan besar ketiga telah terbuka untuk tahun ini.

Allianz mengatakan pada  Senin  (29/12/2014)  perusahaan asuransi ini  sebelumnya menjadi reasuransi utama Malaysia Airlines MH370 penerbangan yang menghilang di atas Samudera Hindia pada bulan Maret, serta penerbangan MH17 yang ditembak jatuh pada bulan Juli saat berada di atas Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan email, Allianz menegaskan  penyediaan asuransi  penerbangan dan kewajiban cover, menambahkan: “Ini terlalu dini untuk mengomentari laporan kejadian ini hilangnya  pesawat AirAsia QZ 8501.

Salah satu broker asuransi pesawat mengatakan  total biaya akan tergantung pada kewajiban untuk penumpang dan bisa antara US $ 100 juta dan US $ 200 juta, termasuk sekitar US $ 45 juta untuk pesawat.

Tidak semua biaya akan ditanggung oleh Allianz tetapi perusahaan asuransi menolak berkomentar pada tingkat eksposur, atau untuk mengidentifikasi dengan hilangnya Airbus A320-200 milik Air Asia Indonesia.

Kecelakaan penerbangan  menyumbang empat dari 10 asuransi kerugian terbesar tidak terkait dengan bencana alam dalam delapan bulan pertama tahun 2014, menempatkan tekanan pada klaim penerbangan yang sudah meningkat karena penggunaan bahan mahal dan menuntut peraturan keselamatan, laporan Allianz mengatakan .

Seperti dengan dua Malaysia Airlines crash, Allianz dan co-asuransi harus membayar tagihan untuk biaya pesawat hilang, serta untuk pembayaran karena kerabat penumpang kapal penerbangan.

Pesawat  Airbus 320 dijual dengan harga rata-rata US $ 94 juta, menurut situs Airbus. Namun, sesuai dengan usia pesawat, mungkin akan diasuransikan dengan jumlah yang lebih rendah.

Untuk kewajiban penumpang, perjanjian internasional yang disebut Konvensi Montreal caps pembayaran awal sekitar US $ 165.000 per penumpang dengan kurs saat ini, atau total sekitar US $ 27 juta untuk 162 penumpang pesawat  penerbangan AirAsia  QZ 8501  yang hilang dalam  perjalanan  dari Surabaya  menuju Singapura.

Tapi jika maskapai ini ditemukan karena suatu  kesalahan , sepert kesalahan yang dilakukan oleh  pilot, klaim bisa jauh lebih tinggi.(Reuters)

News Feed