by

Inilah 9 Bangunan Berlapis Emas di Dunia

-Lounge-2,740 views

1. Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar
Juga disebut Nagara Raksasa atau Pagoda Emas, kuil spektakuler ini berusia lebih dari 2.000 tahun dan dianggap sebagai salah satu situs yang lebih sakral agama Buddha daripada tempat lainnya. Dipercaya mengandung relik suci seperti helai rambut Buddha. Struktur utama ditutupi dengan ratusan lempengan emas dan bagian atasnya memiliki lebih dari 4.500 berlian yang tertanam di permukaan; yang terbesar adalah berlian sebesar 72 karat.

2. Istana Agung di Bangkok, Thailand
Kompleks bangunan-bangunan indah dan taman-taman yang indah, ini adalah salah satu tengara paling ikonik di kota ini. Dibangun pada tahun 1782, bangunan ini, selama 150 tahun, menjadi tempat berdiam keluarga kerajaan Thailand. Saat ini, istana ini merupakan objek wisata yang populer dan termasuk Wat Phra Kaew (Kuil Buddha Zamrud), yang berasal dari abad ke-14. Ada beberapa bangunan berlapis emas di dalam tembok istana, seperti Phra Mondop, yang dindingnya ditutupi dengan medali emas.

3. La Compañía de Jesús in Quito, Ekuador
Merupakan bangunan bersejarah dan berornamen, gereja ini merupakan salah satu bangunan yang penting dan indah di Kota Tua kota. Konstruksi dimulai pada 1605 tetapi butuh 160 tahun sebelum bangunan selesai. Ada beberapa detail arsitektur gereja yang patut diperhatikan, termasuk fitur Moornya dan dinding merah cerah. Ada juga banyak emas yang dimasukkan ke dalam desain, dengan beberapa laporan memperkirakan bahwa sebanyak hampir dua ton logam mulia digunakan.

4. Paviliun Emas di Kyoto, Jepang
Sebuah kuil Zen yang mengilhami ketenangan dan penghormatan dalam takaran yang sama, bangunan yang mengesankan ini pada awalnya adalah villa untuk seorang pensiunan prajurit dan shogun abad ke-14 yang terkenal yang disebut Ashikaga Yoshimitsu. Juga disebut Kinkakuji, dua lantai teratas gedung ini ditutupi daun emas yang dibangun sesuai dengan gaya mewah pemilik sebelumnya. Lantai atas berlapis emas dibangun kembali pada tahun 1955, setelah seorang biarawan membakarnya pada tahun 1950.

5. Kubah Batu di Yerusalem
Diyakini sebagai monumen Islam tertua yang masih ada, dibangun oleh khalifah Umayyah ʿabd Al-malik Ibn Marwān pada akhir abad ketujuh. Pelapisan emas di atap ditambahkan pertama kali antara tahun 1959 dan 1961, dan dipasang kembali di awal tahun 90-an, Yordania dan Arab Saudi menyumbangkan 176,4 pon (80 kilogram) emas untuk bangunan ini.

6. Istana Catherine di Tsarskoye Selo, Rusia
Istana bersejarah ini, yang terletak di dekat St. Petersburg, memiliki keindahan di dalam dan megah di luar. Didesain dengan gaya Rococo (ornamen dan teater), bangunan ini merupakan kediaman musim panas para tsar Rusia. Bagian luar istana, di mana pembangunan dimulai pada abad ke-18, menggunakan lebih dari 220 pon (100 kilogram) emas padat. Interiornya mewah, dengan kursi, patung, dan pintu semuanya terbuat dari emas.

 

7. Matrimandir di Auroville, India
Digambarkan sebagai “jiwa dari kota,” bangunan unik ini adalah bola emas besar yang menjadi pusat meditasi dan yoga. Nama ini diterjemahkan dari bahasa kuno bahasa Sansekerta sebagai “Kuil Bunda.” Bola itu dilapisi cakram baja antikarat yang ditutupi dengan daun emas; ada lebih dari 1.400 cakram mulai dari diameter lima kaki (1,5 meter) hingga 7,5 kaki (2,3 meter).

8. Atap Emas di Innsbruck, Austria
Salah satu tengara kota yang terkenal, balkon bangunan ini mempunyai warna dari 2.657 ubin tembaga yang berlapis emas. Bangunan itu sendiri dilaporkan dibangun oleh Kaisar Maximilian, yang telah membuatnya secara khusus sehingga ia dapat mengawasi kota dan penduduknya.

9. Parlemen Budapest di Budapest, Hongaria
Secara luas dianggap sebagai salah satu gedung parlemen megah di dunia, bangunan tempat para pembuat hukum Hongaria ini dibangun selama 17 tahun. Ini termasuk lebih dari 88 pon (40 kilogram) emas 22 dan 23 karat. Bangunan itu sendiri terinspirasi oleh beberapa gaya arsitektur, termasuk Baroque, Gothic dan Renaissance.

(sumber)

Comment

News Feed