by

Tips Agar Aki Motor Anda Tahan Lama

-Lounge-190 views
Aki yang bermasalah akan mengganggu kinerja komponen sepeda motor lainnya yang menggunakan daya listrik.
Aki yang bermasalah akan mengganggu kinerja komponen sepeda motor lainnya yang menggunakan daya listrik.

Atjehcyber.com – Accumulator atau yang akrab disebut aki adalah baterai tempat menyimpan tenaga listrik pada kendaraan. Jika komponen ini bermasalah, akan menyebabkan kinerja perangkat lainnya yang membutuhkan tenaga listrik ikut terganggu.

Aki motor sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni aki basah dan aki kering. Untuk perawatan aki sendiri terbilang cukup mudah, asalkan kita tetap rutin melakukan pengecekan dalam periode tertentu serta menggunakan komponen kelistrikan sepeda motor secara wajar.

Berikut ini adalah tips untuk membuat usia pakai aki motor tahan lama yang berhasil dihimpun oleh Liputan6.com

Lakukan Pengecekan Berkala

Untuk perawatan aki basah, kita harus mengecek ketinggian permukaan aki antara 1 hingga 2 bulan sekali. Jika permukaan air aki berada di bawah batas maksimum, maka segeralah tambahkan air aki. Untuk aki kering, jenis ini bebas perawatan karena tidak perlu menambahkan air aki seperti halnya aki basah.

Untuk mendapatkan air aki ini juga cukup mudah karena banyak tersedia di toko sparepart sepeda motor dan toko aki.

Tidak Asal Modifikasi

Untuk Memperpanjang usia pakai aki, sebaiknya Anda tidak asal memodifikasi kelistrikan yang langsung mengambil arus listrik dari aki. Modifikasi seperti ini mengakibatkan daya listrik cepat habis.

Gunakan Kick Starter

Jika sepeda motor sudah beberapa lama terparkir dan tidak digunakan, tentu tidak ada pasokan listrik dari sepul ke aki. Oleh karena itu, saat ingin menghidupkan sepeda motor sebaiknya gunakan kick starter.

Hal tersebut selain tidak memberikan beban daya berlebih ke aki untuk menghidupkan mesin, oli yang ada di dalam bak mesin pun turut terpompa melumasi seluruh bagian saat menggunakan kick starter. Hal ini tentu akan membuat mesin bekerja lebih baik saat dihidupkan karena seluruh komponennya terlumasi saat penggunaan kick starter.

  • Sumber: Liputan6.com

 

Comment

News Feed