by

Wanita Ini Mendadak Tua Usai Melahirkan

Hu usai melahirkan
Hu usai melahirkan

Atjehcyber.comHu Juan, perempuan yang wajahnya mendadak berkeriput seperti orang tua terus berusaha mengubah penampilan. Perempuan berusia 29 tahun itu asal Zhengzhou, Henan, ini datang ke Shanghai untuk menerima bantuan operasi plastik guna menghilangkan kerutan-kerutan di wajah yang membuatnya tampak jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

Dikutip Dream dari Shanghaiist, Minggu 7 Desember 2014, Hu terlihat seperti perempuan berusia 70 tahun. Hu didiagnosa mengidap penyakit Cutis Laxa. Penyakit itu ditandai dengan mengendornya kulit dan munculnya keriput dalam waktu yang sangat cepat. Kulit kehilangan elastisitas. Efek itu hanya terlihat di wajah dan leher. Kulit bagian tubuh lain normal.

Tanda-tanda penyakit ini mulai tampak pada wajah Hu setelah dia melahirkan anak pertamanya pada 11 tahun silam. Setelah itu, penampilan Hu berubah drastis. Wajahnya terlihat seperti nenek-nenek berusia 70 tahun. Penyakit ini tergolong langka. Di muka bumi ini, hanya ada 10 orang yang didiagnosa mengidap penyakit ini. Dan menurut laman Xinhua, kasus Hu ini merupakan satu-satunya di China.

Tak ada obat untuk kelainan ini. Namun dengan operasi plastik, diharapkan bisa mengubah penampilan Hu itu.

Hu masih ingat betul bagaimana kondisinya setelah melahirkan pada 2003 silam. Bagaimana dia merasakan perubahan yang drastis pada kulit wajahnya. Menjadi kendor dan keriput. Awalnya Hu tak bisa menerima kenyataan itu.

Dia tak berani ke luar rumah, apalagi berjalan di tempat umum. Dia malu dengan tatapan aneh orang-orang di sekelilingnya. “Saat melihat foto-foto masa lalu dan saat ini, ada keputusasaan yang tak terkatakan,” tutur Hu, sebagaimana dikutip Dream dari Xinhua News. Hu juga masih mengingat betapa orang tak mengenalnya. Sebab, foto dalam kartu identitas benar-benar berbeda dengan kondisi wajahnya.

hu-sebelum-dan-sesudah-melahirkanDan kemudian dia memutuskan keluar dari tempat kerjanya. “Saya tak bisa menjelaskan kepada mereka, lantas pulang,” kenang dia. Yang paling menyedihkan, putranya, Juan Juan, mulai menjauhinya. Anaknya, bahkan tak berani mengakui bahwa Hu adalah ibu kandungnya. “Suatu saat saya pergi ke sekolah untuk menjemputnya.

Teman sekelasnya bertanya, ‘ini ibumu?’ Dan dia [Juan] tidak menjawab. Siswa lain menganggap dia sebagai cucu saya. Sejak itu saya tidak pernah menjemput dia ke sekolah,” tutur Hu. Selama bertahun-tahun pula Hu keluar masuk rumah sakit. Dia menjalani berbagai pemeriksaan fisik dan laboratorium. Namun semua normal, kecuali kulit di bagian wajah dan lehernya.

Dan Hu tetap tabah menghadapi kondisi itu. Saat ini, sekelompok dokter berusaha membantunya. Mereka akan mempersiapkan operasi bedah untuk menghilangkan kerutan itu. Semoga keinginan Hu untuk bisa hidup normal bersama keluarga dan teman-temannya bisa terwujud. “Semua orang akan menjai tua, namun tidak terjadi dalam sehari,” tutur Hu sambil berkelakar.

News Feed