by

Merokok Sembarangan di Aceh Barat? Awas Denda Rp 1 Juta

-Nanggroe-41 views

Atjehcyber.com – Bagi anda perokok, sudah harus lebih berhati-hati merokok sembarang tempat di Aceh Barat. Pasalnya, pihak Pemkab setempat sudah menyusun draf Rancangan Qanun (Raqan) kawasan tanpa rokok di wilayah itu yang akan dibahas DPRK awal 2015. Salah satu sanksinya, perokok di sembarang tempat umum akan didenda Rp 1 juta.

Kadiskes Aceh Barat, dr Zafril Luthfy MKes mengatakan raqan kawasan tanpa rokok kini masih terus dimantapkan dan sudah direncanakan akan dibahas DPRK pada 2015 ini untuk ditetapkan menjadi qanun. Karena itu juga, Dinkes setempat menyeminarkan raqan tersebut dengan menghadirkan pemateri dari Biro Hukum Setda Aceh, Feriaya SH MHum dan dari Pemkab setempat Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (11/12). Peserta seminar komponen masyarakat.

“Dalam raqan ini tertuang poin lokasi larangan merokok, di antaranya di sekolah, tempat bermain anak-anak, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum lainnya, tetapi diharapkan disediakan tempat khusus. Dalam raqan itu tertuang sanksi Rp 1 juta untuk yang merokok di lokasi terlarang itu,” kata Zafril kepada Serambi kemarin.

Menurut Kadiskes, raqan kawasan tanpa rokok sudah disusun sejak 2013 dan selama ini sudah disosialisasi, seperti membuat stiker atau spanduk larangan merokok sembarangan serta dampak dari bahaya merokok. Bahkan, kata Kadiskes, di Kantor Dinkes Aceh Barat kini sudah dibangun tempat khusus perokok, baik untuk kalangan pegawai atau warga yang datang, sehingga tak ada perokok sembarangan karena juga berbahaya bagi orang lain yang tak merokok.

“Dari data bahwa Aceh merupakan tertinggi perokok. Khusus di Aceh Barat tim Dinkes juga sudah melakukan survei dan tingkat masyarakat perokok juga sangat tinggi dengan menghabiskan dua bungkus per hari,” kata Kadiskes.

News Feed