by

Nyanyikan ‘Saket Nyoe Hai di Sinoe’ di Acara Wisuda, Paduan Suara PDPK Unsyiah Menuai Pro dan Kontra

-Nanggroe, Video-144 views

Atjehcyber.comUniversitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mewisuda lulusannya periode Agustus-Oktober 2014, Selasa (2/12) di Gedung AAC Dayan Dawood. Wisudawan yang dilepas pada periode ini berjumlah 2.300 orang.

Namun ada yang unik pada wisuda kali ini, beberapa kelompok paduan suara yang berasal dari berbagai fakultas unjuk kebolehan dengan menyanyikan beberapa jenis lagu. Seperti kelompok paduan suara Program Diploma Pendidikan Kesekretariatan (PDPK), Unsyiah membawakan lagu ‘Saket Nyoe Hai si Sinoe’.

Lagu yang dipopularkan oleh penyanyi dangdut Cita Citata dengan judul aslinya ‘Sakitnya Tuh Disini’ mereka ubah ke dalam bahasa Aceh, cukup kreatif memang atas apa yang mahasiswi-mahasiswi PDPK ini lakukan. Seperti informasi yang Atjehcyber.com dapatkan dari akun Facebook Warta Unsyiahbanyak yang mengacungkan jempol dan mengapresiasi atas kreativitas mereka, namun tidak sedikit yang mengkritik bahkan menilai nyanyian tersebut bukannlah bentuk kreativitas karena mereka menduplikasi karya orang lain.

Di segi lain, apakah pantas pada acara yang notabennya merupakan acara resmi atau formal dan dihadiri oleh petinggi-petinggi Unsyiah, Civitas Akademika, Dosen dan para tamu undangan ini terdapat nyanyian yang seperti itu?.

“Bisa nya cuma meniru, ini yang di bangga2 kan fakultas kesenian unsyiah, rasa nya sayang sekali, apa pengajar di fakultas kesenian unsyiah tidak mampu berkarya sehingga tidak mengajari mereka bagaimana cara berkarya, udah mayoritas penyanyi aceh yang bisa cuma meniru lagu orang, malah unsyiah juga membanggakan budaya meniru, hancur sudah” komen Aldi Yukihiro, seorang seniman Aceh yang juga follower akun tersebut, dan banyak lagi kritikan-kritikan yang pada ujungnya lucu jika dibaca.

Aldi Yukihiro yang dihubungi via Facebook juga mengatakan” Dalam hal itu saya berpendapat meniru itu adalah bukan satu budaya baik, seharusnya Unsyiah yang memberikan contoh terbaik buat para seniman, malah Unsyiah yang meniru, artinya Unsyiah mengajak orang lain untuk meniru bukan berkarya, seharusnya dari Fakultas Hukum Unsyiah juga membentuk satu tim yang bekerja sebagai tim yang melindungi hak cipta dan menghargai karya orang lain, ini malah bikin malu dengan ulah menjiplak” kata seniman Aceh ini.

Sumber Video: Facebook Warta Unsyiah (Reupload) by Atjeh Cyber Videos

News Feed