by

Pemerintah Dinilai Lemah Waspadai Bencana

-Nanggroe-15 views

KONDISI 3

Atjehcyber.com – Koordinator  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh Pos Meulaboh Wahyu Pratama, SH prihatin melihat bencana banjir dan longsor yang menimpa beberapa titik di Aceh dan lemahnya antisipasi potensi terjadinya bencana dari pemerintah.

Hal itu disampaikan melalui siaran pers kepada Ajnn, Selasa (4/11).  Ia mengatakan  dampak yang ditimbulkan banjir di Pantai Barat Selatan Aceh selama dua hari ini, yakni putusnya akses transpotasi. Terputusnya jalur transportasi dapat menghambat pasokan sembako terhadap ke sejumlah daerah di provinsi dan mengirim bantuan terhadap korban.

“Efek dari banjir juga dapat mengganggu kegiatan pendidikan karena jalan dan bangunan sekolah terendam air banjir,  disamping itu muncul pula masalah kesehatan bagi korban yang mengalami bencana banjir,  baik ketika sedang terjadi maupun setelah berlalu,” ujarnya.

Antisipasi terhadap potensi dan penanganan bencana alam harus ditangani secara serius oleh pemerintah dan melibatkan semua kalangan.

Menurut Wahyu, masih ada cara-cara untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana, karena tidak ada kata terlambat untuk kita bertindak lebih baik, seharusnya bukan pada saat terjadinya bencana Pemerintah menghimbau, mengingatkan akan menindak tegas pelaku penebangan kayu secara illegal di hutan Aceh (Represif).

“Hal tersebut seharusnya bisa disampaikan ketika bencana alam belum menghampiri tanah Aceh ini (Preventif) dan pemerintah bisa lebih teliti lagi melakukan filter serta melakukan pengawasan terkait dengan perizinan perusahaan yang sedang maupun yang akan beroperasi di wilayah Propinsi Aceh,” sebutnya.

Ia menambahkan, solusi untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yaitu melakukan penghijauan di hutan-hutan yang gundul (reboisasi), restorasi lahan kritis, restorasi sungai dengan tujuan untuk melestarikan hutan di Aceh.

“Serta melalui kebijakannya pemerintah dapat memasukkan mata pelajaran pemahaman dasar ke dalam kurikulum pendidikan di Aceh terkait pentingnya menjaga hutan sebagai kawasan tadahan yang mampu menyerap air serta dengan segala fungsi hutan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia,” pinta Wahyu.

  • Sumber: Ajnn.net

Comment

News Feed