by

Seorang Lagi Jamaah Haji Aceh Meninggal Dunia

-Nanggroe-29 views

Atjehcyber.com – Seorang lagi jamaah haji Aceh asal Bener Meriah atas nama Jihadiyah binti Mataridy Rahi Matardy meninggal dunia Sabtu (11/10), dan dimakamkan di Mekkah. Meninggalnya jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang 7 ini menambah jamaah haji Aceh yang meninggal di Tanah Suci menjadi empat orang.

Informasi tersebut disampaikan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, H Akhyar MAg kepada Serambi, Senin (13/10). Sebelumnya, Muhammad Tahir Zainal bin Zainal (54) asal Bireuen meninggal Sabtu (4/10) setelah melempar jumrah aqabah di Mina. Jamaah haji kloter 6 ini meninggal di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekkah dengan diagnosis pneumonia.

Jamaah lainnya yang meninggal, Abdul Wahab bin Amin (64) asal Pidie Jaya yang tergabung dalam kloter 2 meninggal Minggu (21/9). Dokter di kloter tersebut berkesimpulan, almarhum mengalami serangan jantung mendadak dan memiliki riwayat gagal jantung.

Dan seorang lagi, Kamarni Ali bin Muhammad Ali asal Kampung Baru, Singkil Utara, Aceh Singkil meninggal Kamis (2/10). Jamaah yang tergabung dalam kloter 4 ini juga dimakamkan di Mekkah.

Akhyar menyampaikan, pada Sabtu (18/10) jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter 1 mulai berangkat ke Madinah. Selama di Madinah jamaah akan melaksanakan shalat arbain atau shalat 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Jamaah akan diberangkatkan ke Madinah secara bertahap, dan setelah melaksanakan shalat arbain di Madinah selanjutnya jamaah dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap. Kloter 1 dijadwalkan tiba pada 28 Oktober dan selanjutnya disusul kloter lainnya,” kata Akhyar.

Informasi lainnya dari Tanah Suci, Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf beserta istri, Marlina Usman yang juga sedang melaksanakan ibadah haji tahun ini mengunjungi jamaah haji kloter 6, dan kloter lainnya di Mekkah. Menurut petugas kesehatan di kloter tersebut, dr M Arief El Habibie, pada kesempatan itu wagub berdialog dengan jamaah Aceh tentang kelancaran ibadah, dan pelayanan yang diberikan oleh petugas.(una)

Editor: bakri/kajiro

Comment

News Feed