by

Warga Aceh Ini Angkut Ganja 1,2 Ton Seorang Diri ke Jakarta

-Nanggroe-151 views
Barang bukti ganja-- MI/ANGGA YUNIAR
Barang bukti ganja– MI/ANGGA YUNIAR

Atjehcyber.com – Sebanyak 1,2 ton ganja berhasil diamankan jajaran Polres Metro Jakarta Barat. Ganja yang diangkut menggunakan truk kontainer itu berasal dari daerah Aceh yang rencananya akan disebar ke penjuru wilayah Jakarta untuk perayaan malam tahun baru.

Pengungkapan berawal dari informasi yang diterima Kapolsek Kalideres Kompol Dermawan Karo Sekali dari seseorang yang mengawasi wilayah perbatasan Aceh dan Medan pada Selasa 23 Desember.

Diketahui pasokan ganja lintas pulau yang dibawa melalui jalur ekspedisi darat itu akan melintasi ruas jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Tim pun kemudian bergegas untuk mengintai truk-truk kontainer yang masuk wilayah Kalideres.

Jalan Daan Mogot dikenal sebagai jalur lintas wilayah yang menjadi akses masuk dari Sumatera ke Jakarta, begitu pula sebaliknya.

“Setelah ditunggu dan diawasi sejak Selasa sore, kami sempat melihat ada truk kontainer yang sesuai dengan ciri-ciri yang kami dapatkan. Karena truk melaju kencang, kami sempat kehilangan jejak, namun tak berapa lama bisa dikejar,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Fadil Imran, di halaman Mapolsek Kalideres, Rabu (24/12/2014).

Petugas kepolisian kemudian mendapati truk kontainer benomor polisi B 9165 TR itu sedang istirahat di sebuah pool truk di Jalan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Saat digeledah, hanya ditemukan seorang pengemudi bayaran bernama Muhamad Nasir (36), warga Aceh.

Pihak kepolisian sempat terkecoh saat memeriksa isi kontainer yang ternyata kosong. Namun pihak kepolisian tak lantas percaya, terlebih setelah diteliti terdapat serpihan daun ganja yang berceceran di dalam kontainer.

Benar saja, boks kontainer sepanjang 12 meter tersebut telah dimodifikasi dengan menyisipkan sebuah triplek di dalamnya sebagai pengecoh. Setelah papan triplek dibuka, terdapat tumpukan daun ganja yang dibungkus karung berukuran besar.

Berat total pasokan ganja kering tersebut mencapai 1,2 ton. Apabila dikonversikan ke dalam rupiah senilai Rp 3 miliar.

“Begitu kontainer dibuka terlihat kosong, setelah petugas menyisir lebih dalam, ternyata ada tumpukan ganja kering yang disembunyikan di dalam ruang dengan papan tripleks sebagai penutupnya,” tutur Fadil.

News Feed