by

Rupiah Mata Uang Sampah, JK Marah Besar?

-Nasional-347 views

jk lom

Atjehcyber.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla tak sependapat jika rupiah dianggap sebagai mata uang yang tak berharga. Ia terlihat kesal ketika ditanya seorang wartawan media online ihwal anggapan bahwa rupiah adalah “mata uang sampah”. “Apa? Ulangi lagi? Ulangi lagi?” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 16 Desember 2014.

“Jadi, kamu tidak pakai rupiah? Jangan ngomong begitu dong tentang rupiah,” ujar JK. “Rupiah jauh lebih kecil pelemahannya dibandingkan dengan yen, won, ringgit. Kita lebih baik daripada dia, jadi jangan bilang sampah Anda punya negeri.”

Pengamat pasar uang, Farial Anwar, mengatakan nilai tukar rupiah terhadap dolar terus merosot lantaran rupiah tidak punya kemampuan mempertahankan stabilitas. “Sehingga rupiah masuk ke dalam daftar mata uang sampah. Ini yang memprihatinkan,” ujar Farial saat dihubungi Tempo, Ahad, 14 Desember 2014.

Rupiah masuk ke daftar lima besar mata uang yang dianggap paling tidak berharga di dunia versi The Richest. Farial mengatakan fenomena tersebut terjadi akibat adanya pembenaran terhadap semakin merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. “US$ 1 bisa mencapai puluhan ribu. Selalu ada pembenaran di level 10 ribu oke, 11 ribu oke. Harus ada upaya untuk mengendalikan ini,” ujarnya.

Comment

News Feed