by

Profil Lengkap Arifin Tasrif, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI

-People-262 views

Arifin Tasrif didapuk menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Sebelumnya, pria berusia 66 tahun tersebut menjabat Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak 2017. Arifin merupakan lulusan Institute Teknologi Bandung. Sebelum menjadi Dubes, Ia lama berkarier sebagai direksi di beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ia merupakan Direktur Utama Pupuk Indonesia setelah perusahaan tersebut resmi menjadi induk BUMN pupuk. Jabatan itu diembannya pada 2010-2015.  Sebelum itu, ia menjabat Presiden Direktur Petrokimia Gresik mulai 2001 sampai 2010 dan Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri mulai dari 1995 hingga 2001.

Sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Arifin terlibat dalam sejumlah kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Jepang. Salah satunya adalah penandatanganan Head of Agreement (HOA) pengembangan Blok Masela pada 16 Juni 2019 di Jepang. Selain itu, Arifin mendampingi Menteri ESDM periode sebelumnya, Ignasius Jonan, dalam urusan kerja sama antara Indonesia-Jepang terkait pengembangan energi hijau melalui produk turunan kelapa sawit.

Dia juga pernah menorehkan prestasi penghargaan internasional pada tahun 2011. Putra asli Minangkabau tersebut, meraih Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

Nama Arifin Tasrif semakin meroket ketika menjadi Direktur Utama di Pupuk Indonesia. Sebelum duduk di jabatan tersebut, dia lebih dulu menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya dan Dirut Petrokimia Gresik.

Comment

News Feed