by

Profil Lengkap Gusti Ayu Bintang Darmavati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI

-People-1,454 views

I Gusti Ayu Bintang Darmawati (lahir di Bali, 24 November 1968; umur 50 tahun) adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia. Ia adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Bintang Puspayoga pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta dan diangkat menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014. Ia juga merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-kota Denpasar pada 2002.

Mengutip detikcom, perkenalan para menteri berlangsung di tangga veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Jokowi dan para calon menteri duduk lesehan. Penunjukkan istri Anak Agung Puspayoga ini menjadi Menteri PPPA pastinya karena sudah memiliki rekam jejak yang baik.

Beberapa kegiatannya dahulu tentunya menjunjung tinggi kesejahteraan dan pemberdayaan wanita serta perlindungan anak Indonesia. Nah, seperti apa sih sosok I Gusti Ayu Bintang Darmavati. Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber:

Istri mantan Menteri Koperasi dan UKM

Gusti Ayu Bintang Darmavati merupakan istri dari Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Kita tahu Puspayoga merupakan mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo yang menjabat sejak 27 Oktober 2014. Puspayoga juga pernah menjabat jadi Wakil Gubernur Bali periode 2008 – 2013.

Tentunya, sebagai istri mantan menteri dan gubernur, I Gusti Ayu Bintang Darmavati memiliki sederet kegiatan sosial. Ia juga memiliki jabatan karena perannya sebagai istri menteri.

Memiliki jabatan penting yang melibatkan pemberdayaan dan perlindungan anak

Selain sebagai istri menteri, dilansir Antara, Gusti Ayu Bintang juga berperan sebagai Penasihat Dharma Wanita Pesatuan (DWP) Kementerikan Koperasi dan UKM. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Gusti Ayu Bintang pernah menjabat, Ketua Bidang II Tim Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja. Mengutip detikcom, Gusti Ayu Bintang sangat peduli dengan pencegahan stunting di Indonesia. Ia menilai posyandu ujung tombak pencegahan stunting.

Ia juga memerhatikan kualitas pendidikan. Gusti Ayu Bintang begitu perhatian terhadap PAUD-PAUD di seluruh Indonesia, karena merupakan pendidikan utama dan pertama pendidikan formal yang diberikan pada anak.

Menulis buku Sinergi untuk Negeri

Ia juga menyusun buku Sinergi untuk Negeri yang merangkum perjalanannya sebagai istri menteri dan sejumlah peran di organisasi selama lima tahun. Buku tersebut menjadi bentuk pertanggungjawabannya selama menjadi istri Menteri Koperasi dan UKM. Ia merilis buku ini pada bulan September 2019 lalu.

Pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi

Wanita kelahiran Bali 24 November 1968 juga pernah menjuarai Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi Oktober 2010 di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta dan diangkat menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014. Ia juga merintis kejuaraan tenis meja antar PKK banjar se-kota Denpasar pada 2002.

Comment

News Feed